“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.”

(QS. Al-Hasyr: 18-19)

Ayat ini sangat relevan di perkantoran, sekolah, perusahaan dan lain-lain pasti setiap akhir dan awal tahun mereka mengadakan RAKER (Rapat Kerja), mengevaluasi setahun yang lalu, dan merencanakan setahun yang akan datang.

Yang lebih butuh di evaluasi itu adalah diri kita sendiri.
Yang butuh perencanaan masa depan itu adalah diri kita sendiri. Surga itu butuh perencanaan amal. Karenanya kita tiap hari minta di istiqamakan dalam hidayah Nya. (إهدنا الصراط المستقيم)

Allah menyebut orang yang punya PERENCANAAN matang bagian dari ciri KETAQWAAN.
Ada 5 AREA yang perlu kita Evaluasi dan Rencanakan di masa depan:

1. Area IBADAH.
Seberapa lebih baik ibadah harian kita di masa yang akan datang. Maka perlu kita tetapkan kriterianya.
2. Area ILMU.
Ilmu yang pertama haruslah tentang AL-QUR’AN. Kualitas Al-Qur’an seperti apa yang kita rencanakan di tahun baru ini? Baru ilmu yang lainnya.
3. Area SOSIAL.
Ambil spesialis kebaikan yang kita nyaman membagikan kepada orang lain. Tingkatkan kualitanya dan kuantitasnya. Intinya seberapa banyak kemanfaatan kehadiran kita ditengah 2 orang lain.
4. Area KE AHLIAN BARU/SKILL.
Ke ahlian baru apa yang akan di tingkatkan di tahun yang akan datang.
5. Area KE KEUANGAN.
Usaha baru apa yang bisa meningkatkan penghasilan kita di tahun yang akan datang. Ingat, kata Nabi: tempat yang paling mulia أفضل النازل itu di berikan kepada orang kaya yang dermawan ( HR Tirmidzi).

Semoga tahun yang akan datang menjadi lebih baik.

 

oleh: Adhan Sanusi,Lc.