Salam Sapa Direktur

Wafa Indonesia

H. Mohamad Yamin, S.T.

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Sahabat Al Qur’an yang dirahmati Allah, alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat-Nya, website resmi Wafa Indonesia kini sudah bisa dinikmati kehadirannya oleh seluruh sahabat Al-Qur’an dimanapun berada. Selamat datang di website Wafa Indonesia. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi tentang apa itu Wafa, sistem manajemen Wafa, media pembelajaran, dan bebagai kegiatan Wafa.

Dengan adanya website ini kiranya para sahabat Al-Qur’an dapat terinspirasi untuk senantiasa
berikhtiar memberikan kualitas pembelajaran Al-Qur’an yang mudah, menyenangkan, dan terstandar.
Semoga website kami memberikan manfaat bagi pembacanya, dan semoga setiap usaha dakwah Al-
Quran ini menjadi amal yang diridloi-Nya. Aamiin.

BERSAMA KITA LAHIRKAN AHLI AL-QUR’AN
SEBAGAI PEMBANGUN PERADABAN MASYARAKAT QUR’ANI DI INDONESIA

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Selayang Pandang

         Pendidikan di era modern saat ini telah berkembang dengan beragam bentuk dan metode yang ditawarkan. Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur’an, sebagai salah satu pilar penting pembangunan peradaban masyarakat Indonesia, ternyata belum mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini terlihat dari penerapan sistem Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur’an yang bersifat monoton dari sisi metodologi dan bersifat parsial bila ditinjau dari substansi dan output pembelajarannya. Alhasil, sistem pendidikan ini menghasilkan generasi yang hanya bisa membaca Al-Qur’an dengan kemampuan ala kadarnya. Penanaman rasa cinta dan kedekatan pada Al-Qur’an pun nyaris tidak menjadi prioritas dalam pembelajaran. Apalagi penanaman kesadaran beribadah dan pertumbuhan akhlaq Islami yang mulia, sehingga banyak murid muslim yang bisa baca Al-Qur’an tetapi mengalami degradasi ibadah dan moral.

          Penumbuhan rasa cinta pada Al-Qur’an hanya dapat dilakukan dengan menghadirkan pembelajaran yang menggairahkan, tidak membosankan, bahkan membuat sang peserta didik ketagihan untuk terus belajar dan belajar. Oleh karena itu, Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia (YAQIN) menghadirkan WAFA Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan sebagai sistem dan metode pembelajaran Al-Qur’an yang Komprehensif, Mudah, dan Menyenangkan.

          Konsep pembelajaran yang komprehensif memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an sebagaimana sahabat Rasulullah yang mampu membaca, memahami, mempraktekkan, dan menghafal Al-Qur’an. 4 interaksi tersebut kami hadirkan kedalam kurikulum pendidikan Al-Qur’an dengan konsep 5T, yakni: Tilawah, Tahfidz, Tarjamah, & Tafsir.

 

Sekilas Wafa

         Mengakhiri tahun 2012 tepatnya tanggal 20 Desember 2012, Wafa mengawali kiprahnya hadir di tengah-tengah masyarakat. Membawa misi dan mimpi besar untuk lahirnya generasi ahli Al-Quran di Indonesia, menjadi mitra terbaik bagi sekolah dan lembaga pendidikan untuk melahirkan peserta didik yang berkualitas Al-Qur’an.

          Untuk percepatan dan perluasan Wafa dalam menyapa masyarakat Indonesia, maka dibentuklah Wafa Al-Quran Center (WQC) daerah untuk penyebaran dan pengendalian kualitas pembelajaran Al-Qur’an yang terstandar bagi lembaga yang bermitra dengan Wafa.

          Dengan izin Allah SWT dalam kurun tujuh tahun sejak awal tahun 2013 Wafa telah diterima secara luas di 30 provinsi di Indonesia. Semoga menjadi amal untuk perbaikan generasi bangsa kedepan dengan lahirnya generasi ahli Al-Quran.

Sejarah & Legalitas Wafa

         Wafa Indonesia didirikan pada tanggal 20 Desember 2012 dengan SK. MENKUMHAM RI AHU-0009627.AH.01.04 tahun 2015. Pada tahun 2018 ini, Wafa  telah tersebar di 5 negara (Belanda, Republik Ceko, Italia, dan Hongkong) serta 30 provinsi di Indonesia.

          Core product kami  yakni membangun pendidikan Al-Qur’an yang berkualitas tinggi sehingga bidang garapannya meliputi sistem yang bermutu, koordinator Al-Qur’an yang handal, guru yang profesional, orangtua yang hebat,dan siswa yang cerdas.

Sebagai lembaga konsultan pendidikan Al-Qur’an, Wafa Indonesia memberikan solusi dengan beberapa pelayanan berikut:

Visi & Misi

VISI

Melahirkan Ahli Al Qur’an Sebagai Pembangun

Peradaban Masyarakat Qur’ani di Indonesia.

Ahli Al-Qur’an yang kami maksud adalah :

  1. Bagus bacaan Al-Qur’an-nya.
  2. Banyak hafalan Al-Qur’an-nya.
  3. Paham bacaan Al-Qur’an.
  4. Akhlaqnya mencerminkan Al-Qur’an.

MISI

  1. Mengembangkan Model Pendidikan Al Qur’an 5T dengan 7M.

  2. Melaksanakan Standardisasi Mutu Lembaga Pendidikan Al Qur’an.

  3. Mendorong Lahirnya Komunitas Masyarakat Qurani yang Membumikan Al Qur’an dalam kehidupannya.

  4. Menjalin Kemitraan dengan Pemerintahan untuk Mewujudkan Bangsa Indonesia yang Qur’ani.


TRAINER WAFA INDONESIA


Budaya Kerja

USRAH MUTAHAMMISAH (Keluarga yang Antusias)

NATIJAH MUMTAZAH (Kontribusi yang Terbaik)

ILMIAH MUBTAKIROH (Ilmiah dan Inovatif)

KAFA'AH MUTAZAYYIDAH (Kompetensi yang Tumbuh & Berkembang)

Sebaran Wafa

         Wafa sejak dimulai awal 2013 pada tahun ini telah tersebar di 5 negara (Indonesia, Singapura, Italia, Belanda, dan Hongkong) dan 30 provinsi di Indonesia. Sudah melatih lebih dari 12.000 Guru Al-Qur’an di lebih dari 600 lembaga.

WAFA telah digunakan di 5 Negara dan 31 Provinsi di Indonesia

KEUNGGULAN & PEMBEDA WAFA


KOMPREHENSIFITAS
PEMBELAJARAN AL-QURAN WAFA


5T Pendidikan Al-Quran WAFA yang mencakup lima keterampilan dalam bidang Al-Qur’an. Dengan ini peserta didik tidak hanya sekedar bisa mengaji, melainkan mampu membumikan Al-Qur’an.

Tilawah

Membaca & menulis Al-Qur'an


Tahfidz

Menghafal ayat-ayat Al-Qur'an


Tarjamah

Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an


Tafhim

Memahami makna ayat-ayat Al-Qur'an


Tafsir

Menafsirkan makna ayat-ayat Al-Qur'an


SISTEM MANAJEMEN MUTU
PEMBELAJARAN AL-QURAN WAFA

Wafa membangun Sistem Manajemen Mutu pembelajaran Al-Qur’an di lembaga mitra dengan menerapkan tahapan 7M

Memetakan (tashnif) adalah tes bacaan Al-Quran untuk memetakan kualitas dan level bacaan Al-Quran guru agar mudah untuk perbaikan selanjutnya.
Memperbaiki (tahsin) adalah program perbaikan bagi guru yang belum lulus Tashnif.
Yaitu program pelatihan untuk menstandardisasi metodologi pembelajaran, manajemen kelas, dan administrasi peserta didik. Bagaimana mengejar efektif: tilawah, tahfidz, menulis, gemar mengaji, dan penerapan karakter Al-Quran dalam satu kali pembelajaran.
Merupakan kegiatan lanjutan untuk mendampingi implementasi Wafa dengan cara membimbing langsung bagaimana guru Al-Quran menerapkan metodologi dan sistem manajemen mutu 7M Wafa.

MEDIA PEMBELAJARAN METODE WAFA


Media belajar Wafa mulai dikembangkan sejak tahun 2013 untuk mendukung proses pembelajaran Wafa Belajar Al-Quran Metode Otak Kanan. Hingga kini kami terus berinovasi untuk menghasilkan media belajar yang bermanfaat, mudah diaplikasikan, dan menyenangkan untuk pembelajaran Al-Quran kekinian.

Klik untuk Katalog Produk

Alur Bermitra dengan Wafa

 

MEDIA SOSIAL

HUBUNGI KAMI

+62 812 3386 7676 - Layanan Mitra

Yayasan Syafa'atul Qur'an Indonesia

Jl. Raya Wisma Pagesangan No.9 Surabaya

Indonesia 60234