Metode Wafa menghadirkan sebuah ruang untuk membantu berbagai pertanyaan dan menjawab kesulitan yang dialami oleh guru mitra wafa dalam proses pembelajaran di sekolah. Program ini adalah “Mitra Bertanya, Wafa Menjawab” yang hadir dengan seri “Pengelolaan Kelas Al-Qur’an”.
“Ustadz, saya itu kesulitan menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur’an yang kondusif dan masih bingung bagaimana menghindari gangguan seperti siswa yang kurang fokus dan kurang antusias dalam belajar”
Wafa menjawab,
Berdasarkan penelitian, kurangnya antusiasme siswa seringkali disebabkan oleh kurangnya aturan yang jelas dan efektif di dalam kelas (Rahman & Ismail, 2023). Sehingga penerapan aturan kelas yang jelas dan melibatkan siswa dapat meningkatkan fokus dan antusiasme dalam belajar (Smith & Jones, 2022).
Dalam Metode Wafa, ada teknik pembuatan aturan kelas yang efektif untuk mendukung suasana belajar yang kondusif, yaitu:
- Nyatakan secara positif. Buat aturan yang menyatakan apa yang diharapkan dengan positif, bukan apa yang dilarang, untuk meningkatkan kepatuhan dan antusiasme peserta didik untuk suasana kelas kondusif (Harris &Williams, 2021).
- Tuliskan dengan ringkas. Aturan harus singkat dan jelas agar mudah diingat peserta didik.
- Bisa dilaksanakan. Pastikan juga dapat diterapkan oleh seluruh peserta didik tanpa adanya kesulitan.
- Cukup sedikit saja. Buat dalam jumlah terbatas dan fokus pada yang paling penting.
- Mudah dipahami. Harus dirumuskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua peserta didik.
- Libatkan siswa. Ajak semua peserta didik berpartisipasi dalam merumuskan, supaya tumbuh rasa memiliki dan bertanggung jawab (Nguyen & Nguyen, 2023)
- Terapkan konsekuensi. Jika dilanggar, berikan konsekuensi yang adil dan konsisten, sesuai dengan kesepakatan.
Dapat disimpulkan ada 7 teknik yang bisa digunakan atau diaplikasikan dalam kelas sesuai dengan teknik dari Metode Wafa. Kelas Al-Qur’an memiliki sisi uniknya sendiri sehingga Metode Wafa menghadirkan pelatihan tentang strategi manajemen kelas dalam program “Quranic Classroom Management” sebagai wadah pertanyaan tentang pengelolaan kelas Al-Qur’an.
Penelitian yang mendukung pendekatan tersebut antara lain:
Smith, J. , & Jones, A. (2022). “The Impact of Classroom Management Strategies on Student Engagement and Achievement in Secondary Schools”. Journal of Educational Psychology, 114 (4), 712-727. doi:10.1037/edu0000689.
Harris, P., & Williams, D. (2021). “Positive Behavioral Interventions and SUpports: Effective Strategies for Classroom Management”. Educational Research and Reviews, 16 (8), 405-417. doi:10.5897/ERR2021.4209.
Nguyen, T., & Nguyen, M. (2023). “Student Involvement in RUle-Makin: Effects on Classroom Climate and Learning Outcomes”. International Journal of Educational Management, 37 (2), 215-230. doi:10.1108/IJEM-02-2022-0081.
Rahman, A., & Ismail, H. (2023). “Classroom Management Techniques: The Role of Teacher Leadership and Student Engagement in Primary Education. “Journal of Classroom Interaction, 59 (1), 55-70. doi:10.1007/s1234-021-01122-3.